Sunday, March 8, 2015

5 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif

Loading...
5 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif - Cegukan terkadang datang dengan tiba - tiba. Dalam bahasa inggris cegukan sama dengan hiccups. Cegukan memang bukan sebuah penyakit, cegukan ini dapat mengganggu aktivitas kita sehari - hari. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas mengenai 5 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif. Salam pecinta Aneka Tips - Tips Terbaru.

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan? Cegukan ialah gangguan yang terjadi di saluran udara pada tenggorokan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan cegukan. Namun hanya namun hanya beberapa saja yang efektif untuk menghilangkannya. Cegukan ringan bisa terjadi dalam waktu sebentar dan hilang sendiri dengan cepat.
5 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif
5 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif

Jika anda mengalami cegukan yang terjadi terus menerus selama beberapa jam. Hal ini pastinya sangat tidak nyaman dan sangat mengganggu. Apalagi jika harus bertemu dengan orang lain atau sedang berada di depan banyak orang dalam suatu acara. Ini juga akan membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Baiklah, sepertinya sudah tidak sabar lagi untuk segera membaca 5 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif. Perhatikan cara - cara di bawah ini dengan seksama.

5 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif


  • Minum air putih


Ini merupakan cara menghilangkan cegukan paling cepat. Cegukan terjadi karena kerja lubang udara di tenggorokan terganggu akibat adanya benda asing yang masuk ke sana. Umumnya cegukan terjadi apabila kita makan terlalu cepat atau makan makanan yang terlalu pedas. Minum air putih agak banyak untuk menghilangkan cegukan. Agar lebih efektif, minum dalam keadaan sedikit menunduk.

  • Gunakan gula pasir


Anda juga bisa menggunakan gula pasir sebagai cara menghilangkan cegukan. Ambil satu sendok teh gula pasir, masukkan ke dalam mulut dalam keadaan leher mendongak. Kulum gula pasir beberapa menit hingga larut sendiri di dalam mulut. Setelah itu, minum segelas air putih.

  • Gunakan Es batu


Cara menghilangkan cegukan tanpa minum, usapkan es batu berukuran sedang ke dagu dan leher. Anda juga bisa minum beberapa tetes air dari es batu tersebut, namun jangan sekali-sekali menelannya. Es batu yang ditelan dalam keadaan cegukan malah dapat menghambat jalan napas.

  • Tahan Nafas Beberapa Detik


Cara menghilangkan cegukan lainnya adalah dengan menahan nafas beberapa detik. Hitung hingga sepuluh, lalu hembuskan nafas kuat-kuat. Jika ada kantong kertas, Anda bisa meniupkan udara keras-keras ke dalamnya agar cegukan segera berhenti.

  • Tekan langit-langit mulut


Letakkan ibu jari atau telunjuk yang sudah bersih pada langit-langit mulut lalu pijat dengan lembut. Jika tak suka menggunakan jari, Anda bisa juga menekan langit-langit dengan menggunakan lidah dalam keadaan mulut tertutup.


NB : 

  • Bila berbagai cara sudah dilakukan namun cegukan tak juga berhenti, bahkan berlangsung hingga beberapa hari, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.
  • Beberapa penyakit otak memiliki gejala cegukan pada tahap awal. Untuk memastikannya, perlu pemeriksaan lebih lanjut.
  • Untuk menghindari cegukan, sebaiknya Anda makan dengan lebih perlahan. Makan terburu-buru atau terlalu banyak sekaligus dapat menimbulkan cegukan.
  • Makanan yang pedas berpotensi menimbulkan cegukan. Makan makanan panas dan dingin secara bergantian membuat diafragma berkontraksi dan menimbulkan cegukan.

Demikianlah pembahasan tentang 5 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif. Mudah - mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi diri saya sendiri. Dan jangan lupa baca juga 7 Tips Cara Efektif Agar Tidak Mudah Menjadi Pemarah. Terima Kasih.
source : www.initips.com
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif

0 komentar: