Friday, October 17, 2014

6 Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester

Loading...
6 Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester - Ketika kita ingin naik satu tingkat yang lebih tinggi. Kita pasti melewati suatu ujian agar kita bisa lulus ke tingkat selanjutnya. Begitu juga mahasiswa,ketika ingin lanjut ke semester berikutnya kita harus melewati yang namanya ujian akhir semester. Ujian akhir semester ini dilaksanakan enam bulan sekali, yaitu pada akhir semester ganjil dan semester genap. Bermacam – macam sikap mahasiswa.
TIPS MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER
6 Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester
Dalam menghadapi ujian akhir semester ini. Ada mahasiswa yang santai, sedih, gundah gulana, bahkan bisa menjadi beban mental maupun beban emosional. Tetapi jangan khawatir, karena semua itu pasti ada jalannya.
Kali ini saya akan memberi sedikit jalan untuk kita bisa menghadapi ujian akhir semester. Tapi ingat jalan yang paling penting adalah dalam diri anda. Ketika saya memberikan tips – tips tetapi dalam hati anda tidak bisa menerima atau tidak melaksanakannya percuma saja. Maka dari itu mari kita timbulkan rasa semangat dalam diri kita. untuk terus berusaha dan berjuang sebagai mahasiswa yang sukses. Berikut adalah beberapa tips menghadapi ujian akhir semester :

6 Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester

  • Aturlah Waktu

Sebelum ujian akhir semester dilaksanakan, jauh – jauh hari kita harus sudah mempersiapkannya. Kita harus membagi waktu – waktu kita. kurangilah membuang –buang waktu yang tidak ada gunanya. Selesaikan semua tugas – tugas yang ada. Selesaikan tugas yang paling penting hingga yang kurang penting. Bagi lah waktu untuk masing – masing mata kuliah. Agar waktu yang diberikan untuk belajar per mata kuliah bisa seimbang dan adil.
  • Hindarilah SKS

Ini kadan kebiasaan kita sebagai mahasiswa. Setiap ada tugas kita kerjakan malam sebelum di kumpul. Jadi, mulai sekarang harus kita rubah semuanya. Jangan lagi kita melakukan yang namanya SKS (Sistem Kebut Semalam). Ini akan merusak nilai kita atau bahkan tubuh kita. alangkah baiknya kita belajar sedikit demi sedikit sampai kita benar – benar paham dan mengerti. Kalau seperti ini kita akan lam untuk mengingat mata kuliah yang kita pelajari.
  • Bahas Soal

Ini adalah peraktek yang paling jitu. Dengan kita membahas soal – soal yang ada dibuku atau kita mencari di internet. Maka, kita akan terbiasa dengan soal – soal yang diberikan ketika ujian semester nanti. Ketika kita menemukan kesulitan dalam membahas soal maka bertanyalah kepada teman – teman yang mengerti tentang apa yang tidak kamu mengerti. Jadi, kamu akan mudah dalam menghadapi ujian akhir semester nantinya.
  • Cara belajar

Ini sangat penting untuk kelangsungan kita belajar. terkadang mood kita tidak sesuai dengan harapan kita. jadi, kita harus menentukan cara belajar kita. bagaimana kita bisa nyaman dalam belajar. kalau kita nyaman belajar sambil mendengarkan music silahkan sambil mendengarkan music. Jadi kita harus tahu cara belajar kita.
  • Kesehatan

Kesehatan dalam diri kita sangat penting untuk kelangsungan belajar dan ujian akhir semester. Jadi kita harus menjaga kesehatan kita. dengan kita mengkonsumsi makanan – makanan yang begizi dan sehat. kita menjaga kesehatan dengan cara berolahraga setiap hari. Jadi kita harus tahu cara menjaga kesehatan tubuh kita. karena kalau kita sakit kita tidak akan dapat mengikuti ujian akhir nasional.
  • Do’a

Setelah kita berusaha semaksimal mungkin, maka kita harus serahkan semuanya kepada tuhan. Karena atas kehendak yang maha kuasalah harapan – harapan kita akan dikabulkan. Dan kita juga harus yakin agar do’a – do’a kita terkabul. Dan kita pun mudah dalam melaksanakan ujian akhir semester.

Itulah 6 Tips Cara Menghadapi Ujian Akhir Semester. Mudah – mudahan ini dapat bermanfa’at bagi kita semua. Harus tetap semangat dan terus berusaha, jangan pernah putus asa. Karena itu sangat berbahaya. Jadilah mahasiswa yang sukses dan selalu berusaha untuk maju ke depannya. Yang pastinya berguna bagi bangsa dan Negara kita.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester

0 komentar: