Tuesday, November 7, 2017

5 Tips Mudah Mengolah dan Memilih Kluwek Yang Bagus

Loading...
Tips Mudah Mengolah dan Memilih Kluwek - Tips ini sangat cocok untuk ibu - ibu dan mbaknya yang suka masak menggunakan bumbu kluwek ini. Tapi, mungkin ada yang belum tau apa sih kluwek itu? Baiklah, disini kita jelaskan sedikit.

Kluwek (nama lain: keluwak, keluwek, pangi, kepayang) adalah jenis tanaman yang bijinya lazim digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan. Masakan yang menggunakan kluwek adalah rawon, sop konro bahkan nasi goreng. Meski berwarna tak cantik, kluwek punya rasa khas yang menambah citarasa suatu masakan menjadi berbeda.
5 Tips Mudah Mengolah dan Memilih Kluwek, Tips Dapur
5 Tips Mudah Mengolah dan Memilih Kluwek
Foto: copyright thinkstockphotos.com
Namun, jangan sampai Anda salah memilih dan mengolah kluwek ya, Ladies. Salah-salah, Anda bisa mabuk dibuatnya. Ini karenakan kandungan hidrogen sianida dalam kluwek mentah yang cukup tinggi. Nah, berikut ini tips memilih kluwek yang baik untuk memasak agar rasa makanan menjadi lebih sip, seperti yang dilansir oleh justtryandtaste.com berikut ini.

  • Ambil satu kluwek dan kocok-kocok. Jika terasa berat dan koplok, itu adalah kluwek yang bagus.
  • Daging buah yang bagus warnanya hitam pekat, jika berwarna agak coklat muda itu artinya kluwek masih muda. Segera buang daging buah yang berwarna abu-abu atau berjamur.

  • Ambil sedikit dagingnya dan cicipi. Jika rasanya pahit, segera buang.
  • Isi kluwek yang baik adalah yang bentuknya bulat seperti batoknya dan utuh. Jika Anda mendapatkan daging buah kluwek yang mengering dan menempel pada batoknya, selama warnanya hitam pekat dan tidak pahit, masih bisa digunakan kok. Rendam saja sebentar dengan air panas agar daging buahnya menjadi empuk dan mudah dihaluskan.
  • Tips memecahkan biji kluwek adalah dengan membungkus biji-biji kluwek dengan kain. Pecahkan batoknya dengan ulekan. Bungkusan kain ini akan mencegah isi dan batok yang hancur berhamburan kemana-mana.
Nah... Bagaimana? Dengan adanya Tips Mudah Mengolah dan Memilih Kluwek ini, Anda bisa memasak resep rawon andalan, pindang iga, ataupun bereksperimen dengan nasi goreng deh. Semoga tips ini bermanfaat. See You Letter !

Sumber : Vemale.com
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Mudah Mengolah dan Memilih Kluwek Yang Bagus

0 komentar: