Thursday, September 24, 2015

11 Tips Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

Loading...
11 Tips Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami – Hallo Guys, Siapa sih yang gak mau matanya sehat? Karena Mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting dalam kehidupan manusia. Selain itu juga, Mata yang sehat serta terawat bisa menikmati keindahan alam semesta ciptaan Tuhan yang Esa.

Mungkin barangkali kita sering lupa atau bahkan tidak tau telah melakukan hal – hal yang dapat membuat mata kita rusak atau sakit. Padahal mata termasuk kelima indera terpenting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, Kita harus rajin merawat dan menjaga mata agar tidak terkena penyakit – penyakit mata lainnya. Untuk lebih jelasnya dan lebih memahami cara menjaga kesehatan mata dengan baik scrool down terus ya guys.
11 Tips Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami, Tips Menjaga Kesehatan Mata
11 Tips Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

Dibawah ini merupakan 11 tips cara merawat mata dengan baik dan tepat, antara lain:

1. Konsumsi Buah - buahan dan Sayuran
Makanan apa saja yang bagus untuk mata? Wortel kaya akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Buah yang memiliki kandungan vitamin A terbanyak ialah Melon. Jadi, Perbanyaklah makan buah melon.

2. Pakai kacamata di saat yang tepat
Ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya. Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya. Karena, jika terkena mata maka akan membuat mata menjadi terinfeksi.

3. Kompres Dengan Mentimun
Banyak dong kita lihat orang – orang meletakkan potongan mentimun di mata mereka. Ternyata itu bagus untuk mata, dengan cara mengompres kelopak mata Anda dengan potongan mentimun. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

4. Hindari Pemakaian lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Kenapa begitu ? Karena, Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jadi, Jangan memakai kacamata terlalu lama. Apa kalian mau menggunakan kacamata secara permanen? Tentu tidak bukan!

5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV
11 Tips Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami
11 Tips Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami
Mengapa kita harus menggunakan kacamata hitam atau gelap? Bahkan bukan hanya sekedar gelap saja, akan tetapi juga gunakanlah lensa yang terpolarisasi. Kacamata hitam pelindung UV ini diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari langsung yang dapat merusak mata kita.

6. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer
Ini biasanya terjadi pada anak – anak IT atau orang – orang yang ketagihan dengan game – game online dan lain – lain. Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah. Sehingga mata menjadi rusak. Mata juga memerlukan istirahat.

7. Kurangi penggunaan tetes mata
Loh… kok tidak boleh menggunakan obat tetes mata? Bukan tidak boleh, Namun jangan terlalu sering. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda. Jelas dong ya guys.

8. Jangan membaca dalam cahaya redup
Nah… Ini terjadi pada orang – orang yang suka membaca. Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

9. Senam Mata Membuat Mata Bersantai
Bagaimana kita melakukan senam mata? Senam mata ini bertujuan agar mata menjadi rileks. Lakukan hal di bawah ini seperlunya saja :
  • Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.
  • Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

10. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda. Jadi, Anda bisa menggunakan kacamata.

11. Istirahat yang cukup
Nah.. ini dia. Sama seperti tubuh, mata juga butuh istirahat yang cukup. Menahan diri untuk tidak menonton televisi terlalu lama, atau berjam-jam di depan komputer padahal tidak sedang bekerja. Dengan begitu, mata Anda tidak kelelahan serta mendapatkan istirahat yang cukup. Sehingga mata menjadi sehat Selalu.

Baca Juga : 

Udah tau dong menjaga mata agar selalu sehat? Oke, Sekian dulu informasinya tentang 11 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami. Ayo kita rawat mata dengan baik dan tepat karena tanpa dia kita tidak akan bisa melihat indahnya dunia. See You Again, jangan lupa like dan sharenya ya guys.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 11 Tips Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

0 komentar: