Saturday, October 4, 2014

Tips Minim Pengeluaran Sebagai Mahasiswa

Loading...
Tips Minim Pengeluaran Sebagai Mahasiswa - Sebagai mahasiswa biasanya banyak memiliki pengeluaran untuk segala hal. Mulai dari uang makan setiap hari, uang bensin, uang buku, uang kegiatan – kegiatan di universitas dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya pengeluaran kita harus tahu cara meminimal pengeluaran sebagai mahasiswa. Disini akan dijelaskan bagaimana meminimal pengeluaran kita. Sehingga uang yang kita miliki dipergunakan dengan baik bukan hanya untuk bermain – main saja. Kita bisa mempergunakan uang kita untuk hal yang lebih berguna atau bahkan uangnya kita tabung.
Tips Minim Pengeluaran Sebagai Mahasiswa
Tips Minim Pengeluaran Sebagai Mahasiswa
Tetapi mungkin ada mahasiswa yang tidak mampu untuk menahan pengeluaran yang begitu banyak. Atau mungkin ada mahasiswa yang memang dari keluarga yang memiliki finansial yang lebih. Jadi, dia memiliki uang yang cukup untuk pengeluarannya atau bahkan berlebih. Tetapi alangkah baiknya uang yang kita keluarkan itu untuk pengeluaran yang berguna dan bermanfaat atau bisa dengan membantu teman yang kurang finansialnya. Dengan kita saling tolong menolong akan menambah pahala khususnya dan ini juga salah satu cara menambah teman di kampus.
Untuk bisa meminimalisir pengeluaran kita sebagai mahasiswa, harus memiliki kemauan yang kuat. Jangan pernah malu atau gengsi, tinggalkanlah masa – masa SMA yang sering pemalu itu. Baiklah, inilah beberapa cara kita meminimkan pengeluaran sebagai mahasiswa :

Tips Minim Pengeluaran Sebagai Mahasiswa

  • Cari Info Buku Kuliah


Kita harus mengetahui mata kuliah yang kita pelajari dan buku yang harus kita miliki untuk menunjang perkuliahan. Dengan kita mengetahui buku yang kita harus miliki, maka kita akan mencari dan membelinya. Bagaimana cara kita supaya tidak membeli buku tersebut? Kita harus bertanya kepada kakak – kakak senior kita. Biasanya kakak – kakak senior mau untuk meminjamkan buku atau bahkan ada kakak – kakak yang baik dan memberikan bukunya untuk kita. Jadi, intinya jangan malu untuk bertanya dan jangan malu.

  • Harga Murah


Ketika kita sudah berusaha untuk bertanya kepada kakak – kakak senior yang memiliki buku tentang mata kuliah kita namun, ternyata tidak dapat juga. Maka kita akan ambil langkah yang kedua yaitu dengan kita mencari toko buku yang murah. Biasanya, ada orang yang menjual buku – buku yang di pinggir jalan atau ada namanya pasar loak. Disitu buku – buku yang dijual tidak terlalu mahal.
Jadi, kita harus pintar – pintar untuk memilih buku yang kita cari dan mencari harga yang paling murah. Sehingga akan menghabiskan banyak uang. Ini adalah salah satu cara untuk kita meminimalisir uang kita. Karena pengeluaran kita sebagai mahasiswa sangatlah banyak. Atau kita juga bisa meminjam buku kepada teman dan pergi ke tukang fotocopy dan memfotocopynya. Ini juga alternative lain yang bisa kita lakukan. Jadi, kita harus bisa menghemat untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

  • Buku Online



Jika kita sudah melaksanakan kedua saran diatas. maka kita ambil langkah yang selanjutnya. Kita bisa mencari buku – buku yang kita butuhkan di media massa atau internet. Banyak situs – situs yang menyediakan e-book gratis. Disana kita bisa mencari buku yang kita butuhkan. Tetapi biasanya kalau kita mencari buku di internet itu tidak lengkap atau bahkan tidak ada (gratis). Namun kita bisa mencari referensi di media massa dan mencari banyak ilmu pengetahuan.

itulah Tips Minim Pengeluaran Sebagai Mahasiswa. Jadi, kita harus berusaha untuk selalu hemat dan meminimalisir pengeluaran kita sehari – hari. Pergunakanlah uang kita untuk keperluan yang penting saja. Jangan berpoya – poya dan menghamburkan uang saja. Alangkah baiknya uang itu kita simpan dan ditabung untuk masa depan kita yang lebih baik. Inilah langkah awal cara menjadi mahasiswa sukses. Sebagai mahasiswa juga harus selalu berusaha dan jangan pernah putus asa.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Minim Pengeluaran Sebagai Mahasiswa