Sunday, October 12, 2014

5 Tips Cara Membagi Waktu Dengan Baik

Loading...
5 Tips Cara Membagi Waktu Dengan Baik - Setiap orang memiliki waktu yang sama. Namun, mengapa banyak orang yang tidak sukses dari pada orang yang sukses? Dimana letak perbedaannya? Kita bisa menanyakan kepada orang – orang yang sukses. Bagaimana dia sampai menuju suksesnya? Mayoritas orang yang sukses tahu bagaimana cara membagi waktu dengan baik. Jadi, jika kita semua ingin menjadi orang – orang yang sukses maka mulai dari sekarang kita harus bisa membagi waktu kita. Mulai dari kita bangun tidur sampai kita tidur lagi.
Cara Membagi Waktu Dengan Baik
5 Tips Cara Membagi Waktu Dengan Baik
Sebagai mahasiswa terkadang sangat susah untuk mengatur waktu. Padahal mahasiswa memiliki banyak waktu luang dari pada anak sekolah menengah atau SMA. Mahasiswa ketika pandai mengatur waktu maka saya yakin mereka akan menjadi mahasiswa yang bermanfaat. Jadi, mari kita sebagai mahasiswa mulai dari sekarang untuk mengatur waktu dengan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips cara mengatur waktu dengan baik :

5 Tips Cara Membagi Waktu Dengan Baik

  • Gunakan waktu belajar di kelas


Belajar ketika dikelas harus kita gunakan dengan sebaik mungkin. Karena ketika dikelas kita dibimbing oleh dosen – dosen atau guru – guru kita. Jadi, kita bisa bertanya apa saja yang kita tidak tahu. Maka kita harus menggunakan waktu di kelas dengan baik. Sebelum kita masuk ke kelas alangkah baiknya kita persiapkan malamnya untuk membuat berbagai pertanyaan dan sebanyak mungkin. Kalau bisa kita curi semua ilmu yang ada pada dosen tersebut sampai habis. Setelah kita belajar di kelas hendaknya kita mengulangnya sebentar. Dengan begitu, ini akan memberikan efek positif kepada kita. kita pun akan mudah mengingatnya dan tahan lama.

  • Buatlah Jadwal


Ini sangat penting untuk kita bisa mengatur waktu kita menjadi bermanfaat bahkan ini adalah langkah awal untuk kita menjadi sukses. Kita bisa memulainya dengan membuat jadwal tugas – tugas kita yang kita urutkan mulai dari yang terpenting hingga yang kurang penting. Sehingga kita mudah untuk menyelesaikan tugas kita. Disini juga kita bisa menambahkan agenda – agenda mingguan kita, seperti ekstrakulikuler, study club, les tambahan atau belajar kelompok dan lain – lain.
Jangan lupa juga untuk menambahkan cita – cita kecil yang bisa kita lakukan sekarang. Contohnya seperti, membaca al – qur’an sampai tamat dalam tiga bulan atau membaca lima lembar halaman buku algoritma. Dan jangan lupa semua jadwal yang kita buat harus kita kerjakan, kalau tidak akan terus menumpuk dan menyulitkan kita. Jadi, mari kita buat jadwal yang memotivasi kita dan jangan lupa menyediakan waktu kosong yang mana tahu ada waktu – waktu yang mendadak. Sehingga kita bisa memakai waktu luang tersebut.

  • Disiplin Kalender

Jadwal –jadwal yang kita buat tadi harus kita kerjakan. Jangan sampai ada yang tidak kita kerjakan. Karena itu akan menghambat kegiatan berikutnya. Jadi, kita harus konsisten dengan apa yang kita buat. Kita bisa membuat daftar – daftar kegiatan penting pada kalender seperti ujian tengah semester atau ujian semester. Yang pasti jangan lupa juga cara – cara atau langkah – langkah untuk mewujudkannya. Dengan begitu, kita akan menggunakan waktu kita dengan sebaik mungkin dan sangat bermanfaat.


  • Konsentrasi dan Fokus Sesuai Jadwal

Dalam mengerjakan kegiatan – kegiatan yang ada pada jadwal alangkah baiknya kita harus tetap konsentrasi. Contohnya ketika kita dalam keadaan belajar kita harus tetap konsentrasi dan juga harus aktif. Jangan sampai ada jadwal yang tidak kita kerjakan. Karena ini akan merusak jadwal kegiatan lainnya. Dan jangan lupa untuk selalu istirahat, karena dengan kita selalu istirahat setelah kegiatan itu dapat membuat aliran darah kita tetap lancar. Dan yang pastinya kita bisa dengan semangat untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya.


  • Hargai diri

Setiap usaha yang kita lakukan untuk meningkatkan kehidupan kita menjadi lebiih baik lagi, alangkah baiknya kita beri penghargaan kepada diri kita.  bagaimana cara menghargainya? Dengan kita tidak membuat jadwal yang tidak realistis. Kita harus melihat kondisi keadaan tubuhh dan kemampuan kita. jangan sampai kita membuat jadwal yang jauh atau terlalu tinggi yang tidak mungkin kita bisa lakukan. Walaupun tidak ada yang tidak mungkin ketika yang maha kuasa berkehendak. Jadi, kita harus kerjakan semua jadwal yang kita buat dengan baik. Tidak usah harus sempurna 100%, yang penting kita usaha dulu.


Itulah 5 Tips Cara Membagi Waktu Dengan Baik. Mudah – mudahan data memberikan manfaat bagi kita semua. Dan jangga pernah untuk terus mencoba. Hargai usaha kecilmu karena itu adalah langkah awal untuk anda menjadi sukses. Dan jangan lupa untuk selalu berdo’a kepada yang maha kuasa karena semua yang terjadi di duni ini adalah kehendak yang maha kuasa. terima kasih atas kunjungannya lihat tip – tips berikutnya disini. Sampai jumpa.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Cara Membagi Waktu Dengan Baik

0 komentar: