Thursday, November 19, 2015

Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung

Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung – Siapa sih yang menginginkan terkena penyakit? Apalagi penyakit jantung ? Nah.. oleh karena itu, kali ini kita akan membahas mengenai Tips Cara Mencegah Agar tidak terkena Penyakit Jantung.

Berikut ini merupakan Tips - Tips yang kami sediakan agar teman - teman tidak terkena penyakit jantung. Mudah - mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Baiklah langsung saja kita masuk kepada inti pembahasan yaitu 10 Cara Mencegah Penyakit Jantung :
Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung, Tips Kesehatan, Jantung
Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung
  • Berhenti Merokok
Bagi para perokok, sebaiknya berhentilah dari sekarang sebelum terlambat. Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini untuk mencegah penyakit jantung agar jantung tetap sehat.


  • Perbanyak Makan Sayuran dan Buah Setiap Hari
Semua orang pasti tau kalau sayur dan buah itu menyehatkan. Buah dan sayuran penuh dengan serat. Silahkan anda tingkatkan jumlahnya dalam 2 – 6 minggu. Karena jika jumlahnya meningkat drastis, malah kurang ok hasilnya, dan mempengaruhi pencernaan anda sendiri. Jadi, anda tingkatkan mengkonsumsi sayur dan buah secara bertahap.

  • Konsumsi Antioksidan
Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran untuk mencegah penyakit jantung.

  • Makan Kacang - Kacangan setiap hari 250 gr
Kacang2an akan meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL, dan menurunkan radang. Kacang juga membantu menyehatkan jantung dengan alasan yang belum jelas. Kacang memiliki kadar asam lemak Omega 3 tinggi, memiliki protein dan serat tinggi.

  • Kenali Tekanan Darah Anda
dan lakukan apapun, supaya mencapai angka 115/75. Tenakan darah anda mungkin bahkan lebih penting daripada kolesterol anda. Dan, anda bisa menurunkan tekanan ini sendiri. Cara terbaik? Olah raga teratur, dan kurangi lemak di perut. Kenapa? karena lemak ini menutupi organ2 penting, sehingga, supaya organ2 ini bisa bekerja lebih baik, dibutuhkan tekanan darah lebih. Jadi, ketika lemak perut berkurang, tekanan darah yang dibutuhkan akan menurun drastis.

  • Coba Cari Tahu kadar HDL
Coba anda tingkatkan sampai di nilai 50. Bagi wanita, nilai HDL tinggi jauh lebih baik daripada LDL rendah. Entah kenapa, tapi yang jelas, makin tinggi nilai HDL, makin bagus (50 sudah termasuk bagus). CAra termudah untuk meningkatkan nilainya adalah olahraga, kurangi minuman keras, makan makanan dengan lemak sehat, misalnya: zaitun, canola. Asam Pantotenat (vit. B5) juga bisa membantu.

  • Jangan makan minyak jenuh lebih dari 20 gram setiap hari
Gunakanlah minyak trans sesedikit mungkin. Lemak jenuh dan lemak trans akan menyebabkan radang arteri. Cinnamon roll (roti kayu manis) memiliki 7 gram lemak jenuh. Minyak trans (misalnya dalam mentega atau margarin), sering ditemukan dalam makanan yang diproses atau dipanggang dalam oven.

  • Jalan Selama 30 Menit Setiap Hari
Jalan setengah jam setiap hari, menurunkan resiko serangan jantung sekitar 30 persen. Ini semacam ujian bagi anda, Jika anda sukses melakukan hal ini, kemungkinan anda mulai akan melakukan kompromi2 yang lain. Bertelepon dengan orang lain adalah langkah yang sangat penting: karena akan memperkuat komitmen anda. O yah, coba telepon rekan perempuan anda, karena mereka akan lebih mendukung anda.

  • Minum alkohol? Kurangi
Sehari Cukup segelas saja. Kami sendiri masih belum jelas, tapi minuman beralkohol seperti bir dan anggur memiliki efek anti – radang. Tapi sering ditemukan bahwa mereka yang tidak minum alkohol sama sekali, malah memiliki kemungkinan serangan jantung lebih tinggi daripada mereka yang minum sedikit2. O yah! minum 7 gelas sehari nggak sama efeknya dengna minum 1 gelas tiap hari!

  • Hindari Stress
Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.

Sekian informasi tentang 10 Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung. Mudah - mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kehilafan. Jangan lupa like dan follow untuk mendapatkan info tentang Tips - Tips Terbaru. See You Letter ! 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung

0 komentar: