Monday, October 13, 2014

7 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester

7 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester - Sebagai mahasiswa kita pasti bertemu dengan yang namanya ujian tengah semester apalagi dengan yang namanya ujian akhir semester. Bagaimana kita menghadapi yang dua ini. Pastinya kita harus memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi UTS dan UAS dan memperoleh hasil yang kita inginkan. Persiapan yang paling pertama adalah belajar.
TIPS MENGHADAPI UJIAN TENGAH SEMESTER
Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester
Namun, terkadang orang yang belajar pun belum tentu nilainya baik. Malah orang yang tidak belajar sama sekali mendapat nilai yang baik. Dengan berbagai cara dia mendapat nilai yaitu dengan mencontek atau mengandalkan kecurangan – kecurangan lainnya. Jadi, yang perlu kita ingat dan kita perhatikan adalah cara belajar kita. Ketika cara belajar kita salah maka kita tidak akan mendapatkan nilai yang baik.
Yang kita juga harus perhatikan adalah cara menjadi mahasiswa yang sukses adalah belajar bukan hanya untuk mendapat nilai yang tinggi. Sebagaimana yang kita ketahui banyak orang yang hanya belajar semalam sebelum ujian dilaksanakan. Ini bukan akan memerbaiki keadaan kita saat ujian malah ini akan memperburuk keadaan.karena dengan belajar semalam sampai begadang akan membuat badan kita lemah dan lemas atau bahkan sakit. Dan akhirnya kita tidak bisa mengikuti ujian.
Baiklah, kali ini kita akan mengulas tentang 7 tips menghadapi ujian tengah semester. Disini akan dibahas mengenai cara belajar yang efektif dan asyik. Dan persiapan – persiapan kita untuk menentukan keberhasilan belajar kita dalam UTS. Berikut adalah tips – tips nya :

7 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester



  • Jangan SKS

Apa itu SKS ? sebagaimana yang kita ketahui SKS adalah Sistem Kebut Semalam. Telah dijelaskan diatas tadi bahwa SKS itu tidak bagus. Alangkah baiknya kita belajar jangan sampai begadang karena itu akan merusak hasil belajar kita dan yang pastinya nilai kita menjadi jelek.


  • Cicil Belajar Kita


Dalam ujian tengah semester itu tidak hanya satu bab yang kita ujiankan melainkan sampai tiga atau empat bab. Itu tidak akan mamu hanya dengan belajar semalam. Malah akan membuat otak kita eror. Kita harus mencicil pelajaran yang akan di ujiankan. Alangkah baiknya paling minimal kita persiapkan seminggu sebelum ujian. Dan tidak ada kata terlambat untuk kita belajar.

  • Gaya Belajar

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda – beda. Kita tentukan gaya belajar kita yang paling sesuai dengan diri kita. ada orang yang mudah memahami dengan hanya mendengarkan saja. Ada juga orang yang paham dengan cara membaca berulang – ulang. Ada yang belajar sambil mendengarkan music ada juga yang tidak. Ada orang yang belajar harus tenang. Jadi, kita harus menentukan gaya belajar yang bagaimana yang pas untuk kita. sehingga kita belajar dengan santai dan mudah memahami pelajaran.


  • Memaksa Diri


Mungkin ada satu pelajaran yang tidak kita sukai. Mungkin karena pelajarannya yang sulit dimengerti atau karena dosennya yang tidak enak. Maka, apa yang harus kita lakukan? Satu kata yang harus kita katakana “PAKSA”. Paksa diri kita untuk belajar pelajaran itu. Paksa diri kita untuk rajin dan suka terhadap pelajaran itu. Karena semua itu memang butuh pemaksaan. Seperti kita menginginkan sesuatu yang kita inginkan dan kita paksa untuk bisa mendapatkannya.

  • Kondisikan Diri Kita

Kita harus mengkondisikan diri kita. Maksudnya apa? Kita kondisikan lingkungan sekitar kita dan diri kita agar menambah kesungguhan kita dalam belajar dan akan menghadapi ujian tengah semester. Kita kondisikan jangan banyak bermain – main seperti, bermain games, bermain internet yang gak jelas dan nongkrong –nongkrong gak ada gunanya. Jadi, kita tahan semua yang tidak berguna untuk kita sukses dalam ujian tengah semester.


  • Tinggalkan Pacar


Biasanya rata – rata mahasiswa memiliki pacar. Jika pacar anda menggangu untuk anda belajar alangkah baiknya anda tinggalkan dulu pacar anda. Kalau pacar anda membuat nilai anda akan hancur maka putuskan saja pacar anda untuk persiapan ujian tengah semester saja. Namun, mungkin ada orang yang termotivasi dengan pacarnya. Jadi, dia rajin belajar karena ada pacarnya yang selalu menyuruhnya belajar.

  • Berdo’a

Setiap semua usaha kita yang kita usahakan dengan semaksimal mungkin kita tutup dengan do’a. dan berharap mudah – mudahan kita mendapat nilai yang baik. Kita serahkan kepada yang maha kuasa. karena dia yang menentukan semua hasil usaha kita.


Itulah beberapa tips menghadapi ujian tengah semester. Mudah – mudahan bermanfa’at bagi kita semua. Dan mudah – mudahan kita mendapat hasil ujian tengah semester yang baik dan bagus. Jika nilai kita kurang baik maka kita harus koreksi diri bahwa kita belum berusaha dengan maksimal. Semangat kepada mahasiswa – mahasiswa yang akan melaksanakan ujian tengah semester.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester

0 komentar: