Wednesday, September 23, 2015

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Loading...
Tips Menjaga Kesehatan Mata - Pagi all, berikut ini kita bakal bahas mengenai kesehatan mata. Bagaimana cara menjaga mata agar selalu sehat. Karena, siapa sih yang mau matanya sakit. Pasti semua orang menginginkan matanya yang selalu sehat hingga akhir hayat. Penasaran apa saja tips menjaga kesehatan mata ? Scrool down terus ya guys.

Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting pada tubuh manusia. Dengan mata kita dapat melihat keindahan alam semesta, manusia - manusia cantik nan indah, membaca, menonton tv dan merekam semua hal yang kita alami. Oleh karena itu, kita harus menjaga mata agar selalu sehat.
10 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Tips Menjaga kesehatan mata, Cara Menjaga kesehatan mata
10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Gak mau dong penyakit mata singgah ke mata kita ? Berikut ini tips - tips agar terhindar dari penyakit mata dan menjaga kesehatan mata dengan mudah :

1. Konsumsi Makanan yang Baik Untuk Mata
Apa aja makanan yang baik untuk mata ? Kadang - kadang kita seharian di depan komputer, otomatis mata akan mudah lelah dan jika di biarkan lama kelamaan mata bisa terkena penyakit. Agar mata berfungsi secara normal, kita harus pintar memilih makanan. nah... Antara lain adalah :
  • Makanan yang mengandung vitamin A, C dan E
  • Konsumsi buah blackberry yang kaya antosianin, seperti blueberry (bukan merk hp china), anggun dan goji berry
  • Makanan yang mengandung anti oksidan, seperti sayuran hijau, kuning telur, paprika, labu, ubi dan wortel
  • Makanan yang kaya akan sulfur, sisteina dan lesitin, seperti bawang putih, bawang Bombay dan bawang merah
  • Makanan yang kaya akan DHA atau asam lemak, seperti yang terdapat pada ikan salmon, sarden, mackerel dan cod


2. Jaga Jarak Pandang
Ketika sedang berada di depan layar monitor atau TV, jarak pandang ideal adalah sekitar 50 - 100 cm. Sama seperti membaca buku, jarak yang ideal sekitar 30 cm dan jangan kamu membaca buku sambil tiduran ataupun dalam ruangan gelap. Hal ini dimaksudkan agar kamu terhindar dari miopi atau rabun dekat.

3. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata
10 Tips Menjaga Kesehatan Mata
10 Tips Menjaga Kesehatan Mata
Jangan selalu mengucek mata ketika mata terasa gatal. Di tangan banyak kuman dan debu yang tidak terlihat, apalagi setelah kamu memegang benda yang kotor maka dapat berakibat gatalnya tidak hilang malah mata akan merah dan berair. Jangan mengucek mata lagi, ya karena sangat buruk untuk kesehatan mata.

4. Periksa Mata
Periksakan mata kamu secara rutin supaya terhindar dari penyakit yang bisa menyerang mata sewaktu - waktu. 

5. Olahraga Mata
Memangnya tubuh doang yang butuh olahraga? Mata juga perlu, girls. Agar bisa berfungsi dengan normal dan optimal. Lakukan olahraga mata selama satu bulan untuk mendapatkan hasil maksimal. Yang bisa dilakukan, antara lain :

Hangatkan mata. Caranya : gosok-gosokkan telapak tangan sampai hangat, lalu tangkupkan telapak tangan kamu di mata selama lima detik. Ulangi 3 kali.
Putar bola mata, tapi jangan terlalu melotot nanti kayak suzanna. Caranya : melihat ke atas, putar bola mata perlahan 10 kali berlawanan dengan araj jarum jam.
Coba fokus. Caranya : pegang sebuah pulpen, lalu ulurkan tangan ke depan dan fokuskan perhatian mata pada pulpen tersebut. Secara perlahan dekatkan pulpen ke mata dengan jaran 12 cm dari hidung, dan jauhkan kembali. Ulangi 10 kali.
Pijat kedua pelipis dengan menggunakan ibu jari. Caranya : pijat gerakan memutar searah 20 kali dan berlawanan arah 20 kali. Lakukan pijatan yang sama di bagian tengah antara kedua alis, di bawah mata dan di batang hidung.

6. Berhenti Merokok
10 Tips Menjaga Kesehatan Mata
10 Tips Menjaga Kesehatan Mata
Bagi perokok, hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang. Karena dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata, seperti katarak dan kerusakan saraf optik. Hi.. seram ya?

7. Gunakan Kacamata di Saat yang Tepat
Pastikan memakai kacamata atau gunakan pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya. Gunakan pula kacamata hitam untuk pelindung cahaya uv dari sinar matahari

8. Mata Perlu Istirahat Juga?
Istirahatkan mata dengan tidur yang cukup selama 8 jam sehari, bisa membantu menjaga kesahatan mata kamu. Setelah menatap layar monitor selama 50 menit, istirahatkan mata kamu selama 10 menit.

Jika merasa mata kamu sangat lelah, ambil potongan timun dingin dan meletakannya di atas kelopak mata. Diamkan selama 15 menit. Mata kamu akan kembali segar. Coba ya!

9. Jangan Memakai Lensa Kontak Lebih Dari 19 Jam
Menggunakan lensa kontak memang bagus untuk penampilan, tapi jangan sampai kamu melupakan kesehatan mata. Memakai lensa kontak lebih dari 19 jam akan menyebabkan iritasi dan dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta rasa tidak nyaman pada mata kamu. Jangan juga memakai kacamata terlalu lama, ya!

10. Kurangi Penggunaan Tetes Mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata untuk mengatasi mata merah, boleh saja. Namun pakailah hanya sekali. Jika berlebihan akan merusak kesehatan mata kamu.
Mudah - mudahan 10 Tips Menjaga Kesehatan Mata tersebut bermanfaat bagi kita semua ya guys. Dan ingat, Jangan hanya dibaca aja jika ingin mata selalu sehat. Akan tetapi harus dicoba ikuti dan lakukan di rumah. Jadi, itu sangat simple bukan !

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

0 komentar: