Saturday, September 26, 2015

10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Pengguna Komputer

Loading...
10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Pengguna Komputer – Salam Guys, Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting bagi manusia. Jika anda Sering bekerja didepan komputer bisa mengakibatkan kurangnya kesehatan mata. Jadi, Dengan adanya artikel ini, mudah – mudahan dapat membantu anda.

Apa yang terjadi jika kita terlalu lama berada di depan computer? Terlalu lama bekerja di depan komputer dapat menyebabkan mata lelah, mata merah, bengkak dan berair. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama maka bisa berakibat pada kerusakan mata.
10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Pengguna Komputer, Tips Menjaga Kesehatan Mata
10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Pengguna Komputer

Nah… Disini gunanya kita menyediakan artikel ini. Agar lebih amannya yang sering di depan monitor atau pekerja terlalu lama di depan layar monitor. Dibawah ini merupakan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata khususnya pengguna komputer antara lain :

1. Bekerjalah di ruangan yang cukup cahaya
Nah.. ini sangat penting untuk menjaga kesehatan pada mata bagi pengguna computer. Apa saja yang perlu diperhatikan? Perhatikan dibawah ini :
  • Penerangan ruangan kerja haruslah cukup, tidak terlalu suram, dan tidak terlalu gelap.
  • Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela.
  • Letakkan lampu di atas kepala atau di belakang punggung sehingga tidak menatap langsung cahaya lampu.
  • Hindari menatap cahayanya secara langsung


2. Gunakanlah filter monitor
Untuk apa kita menggunakan filter monitor? Yaitu Untuk mengurangi radiasi yang dipancarkan monitor, gunakan filter glass monitor. atau untuk mengurangi cahaya yang masuk, anda juga dapat menggunakan kacamata terapi. Sehingga mata mejadi selalu sehat.

3. Kurangi kecerahan monitor
Disini kita harus menyeimbangkan cahaya pada layar monitor agar seimbang dengan cahaya lampu dan tidak lebih terang dari cahaya lampu di sekitar ruangan Anda. Sinar pada layar monitor sangat mempengaruhi fleksibilitas mata, oleh karena itu kurangi kecerahan sinar pada layar monitor tersebut. Jika anda memandang layar tersebut selama berjam - jam jangan memaksakan untuk mencerahkan layar dengan kecerahan maksimal.

4. Periksa Monitor Anda
Mungkin ini terjadi pada monitor anda. Kadang gambar yang ditampilkan dalam monitor tidak konsisten, kadang jelas, kadang suram jika dibandingkan dengan monitor lain maka monitor anda harus diganti. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata anda terganggu. Karena kesehatan mata itu lebih peting. Sesering mungkin membersihan monitor dari debu dan kotoran yang menggangu layar.

5. Aturlah posisi monitor dengan baik
Letakkan sesuai selera kita masing – masing. Sebagai saran, Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10 - 15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata, juga menjaga agar bahu dan leher cukup aman bekerja.

6. Letakkan kertas agar mudah dibaca
Nah… ini tips untuk orang yang kerjanya sering mengetik. Jika mengetik dengan komputer, usahakan letak kertas kerja atau buku yang hendak Anda ketik di komputer berada dalam jarak yang seimbang dengan monitor. Tujuannya agar tidak perlu membolak balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor. Karena itu bisa membuat cepat lelah.

7. Bekerjalan dengan font yang cukup besar
Jika anda mengedit tulisan di depan komputer, gunakan huruf yang besar, idealnya adalah font 12. Jangan memaksa mata untuk membaca huruf yang lebih kecil pada monitor. Bila telah selesai mengedit atau membaca font bisa dikembalikan ke ukuran semula.

8. Periksa kacamata atau lensa kontak
10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Pengguna Komputer
10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Pengguna Komputer
Mungkin ada waktu dimana anda harus bekerja sepanjang hari di depan komputer, maka gunakanlah kacamata yang baik. Untuk mengoptimalkan penglihatan mata maka resep kacamata hanyalah 83%, sisanya memberikan otot mata untuk mengadakan perbaikan.

9. Mata juga membutuhkan istirahat
Mata juga perlu istirahat. Jika sudah cukup lama mengedit atau mengetik tulisan di depan komputer. maka istirahatlah sejenak. Relaksasikan mata. Pejamkan sejenak. Jangan sekali – kali mengucek mata, namun sering seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata tetap basah dan sejuk. Bila terlalu lama melihat jarak dekat, alihkan pandangan ke arah yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit.

10. Makanan vitamin A
Makanan apa saja yang mengandung vitamin A? Makanan pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Memperbanyak makanan bervitamin A, sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Seperti, Wortel dan lain – lain.

Baca juga :

Bagaimana? Mudah bukan? Sekian dulu informasi kali ini tentang 10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Pengguna Komputer. semoga dengan artikel ini dapat membantu para pengguna komputer untuk tetap menjaga kesehatan mata. Pastikan Anda selalu kondisikan agar mata merasa nyaman dan tidak cepat lelah. Terima kasih, jangan lupa like dan share nya ya guys. See You Letter !
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Pengguna Komputer

0 komentar: