Saturday, December 27, 2014

Cara Mudah Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2015

Loading...

Cara Mudah Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2015 – Salam tips terbaru, Kali ini kita akan membahas mengenai seputar SMA. Khususnya bagi siswa  - siswa yang ingin melanjutkan kuliah. Mungkin ada siswa yang ingin kuliah namun tidak memiliki biaya. Akan tetapi jangan khawatir, Karena ada yang namanya beasiswa bidik misi 2015. Bagi siswa - siswa yang tidak mampu maka, cara mudah mendaftar beasiswa bidik misi 2015 inilah jalan yang tepat.Apalagi banyak siswa yang pintar namun tidak memiliki biaya. Maka ini adalah jalannya.
Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2015
Beasiswa bidik misi 2015 ini adalah beasiswa yang langsung dari kementerian pendidikan nasional Republik Indonesia. Pendaftaran bidik misi bisa dilakukan dengan cara online. Sebelum itu, ada beberapa yang perlu kita ketahui mengenai bidik misi. Perhatikanlah dengan seksama.

Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2015


Tujuan Beasiswa Bidik Misi 2014
  • Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi;
  • Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik;
  • Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai dan tepat waktu; Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler;
  • Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetitif;
  • Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.
Alokasi Bidik Misi 2014
Pada awalnya, program Bidik Misi tahun 2010 hanya untuk 10 ribu mahasiswa. Sekarang setiap tahun untuk 60 ribu. Selama empat tahun ada 240 ribu mahasiswa skala penuh yang terbiayai. Jadi tidak berkurang, akan 60 ribu lagi (2014),” kata Mendikbud M Nuh seusai acara penyerahan beasiswa dari Tanoto Foundation kepada 230 mahasiswa di Jakarta, kemarin. Nuh mengungkapkan program beasiswa juga ada yang dari pihak kampus maupun swasta. Karena itu, ia yakin misi untuk meningkatkan angka partisipasi mahasiswa menempuh pendidikan di perguruan tinggi tercapai. Menurut Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso, sebesar 5% program Bidik Misi belum terserap karena adanya mahasiswa yang tidak mengambil dana tersebut. Mendikbud berpendapat agar program Bidik Misi dapat terserap baik, teknis pengelolaannya masih harus diperbaiki dan disempurnakan. Soal pinjaman untuk biaya pendidikan mahasiswa seperti diamanatkan UU No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Nuh mengaku hal itu tidak disiapkan Kemendikbud.

Persyaratan Calon Penerima
Persyaratan untuk mendaftar tahun 2015 adalah sebagai berikut:
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2015;
  • Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  • Tidak mampu secara ekonomi sebagai berikut: a.  Pendapatan kotor  gabungan orangtua/wali  (suami istri)  sebesar-besarnya  Rp3.000.000,00  per  bulan.  Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir. b.  Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
  • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  • Berpotensi akademik baik, yaitu direkomendasikan sekolah.
  • Pendaftar difasilitasi untuk memilih  salah satu diantara  PTN  atau PTS  dengan ketentuan:

PTN dengan pilihan seleksi masuk:
  • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
  • Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN.

 Kuota Mahasiswa Baru :
  • Alokasi  kuota  mahasiswa baru setiap tahun  diusulkan  oleh  PTN  untuk dinilai dan ditetapkan oleh Ditjen Dikti.
  • Penilaian  pada butir satu dilakukan dengan  mempertimbangkan  jumlah mahasiswa baru yang diterima setiap tahunnya  dan/atau jumlah mahasiswa di  PTN, jenis dan status akreditasi program studi serta pertimbangan lainnya.
  • Distribusi kuota  di  PTN  meliputi seluruh program studi sesuai peminatan calon mahasiswa.
  • Hasil distribusi  masing-masing program studi  yang  akan diterima  melalui pola Seleksi Nasional atau Seleksi Mandiri  ditetapkan oleh masing-masing PTN melalui Surat Keputusan Rektor/Direktur/Ketua dan dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud,
  • Kuota untuk PTS  termasuk penentuan  program studi  dilakukan  oleh  Ditjen  Dikti bersama Kopertis Wilayah dengan kriteria khusus.

Dengan penjelasan diatas tadi, Maka, apakah anda berminat untuk mendaftar beasiswa bidik misi ? Apakah anda termasuk dalam kategori dari persyaratan ? Jika kita tidak termasuk dalam kategori atau persyaratan maka alangkah baiknya anda tidak ikut dalam beasiswa ini. Karena ini adalah beasiswa bagi siswa yang kurang mampu dan pandai. Informasi mengenai pendaftaran bisa kita lihat di situs resmi dari pemerintah yaitu di bidikmisi.com.
Itulah mengenai Cara Mudah Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2015. Mudah - mudahan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya. Samai jumpa.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2015

0 komentar: