Wednesday, October 15, 2014

7 Tips Sukses Mengerjakan Tugas Kelompok

Loading...
7 Tips Sukses Mengerjakan Tugas Kelompok - Tugas kelompok merupakan tugas yang tidak menyenangkan bagi orang – orang yang rajin. Namun sebaliknya, tugas kelompok merupakan tugas yang sangat menyenangkan bagi orang  – orang yang malas. Karena mereka hanya numpang nama saja. Apalagi dalam satu kelompok itu memiliki berbagai sifat yang menurut kita itu menjengkelkan. Ada yang males – malesan, ada yang suka mengatur, ada yang suka marah – marah, dan ada juga yang hanya diam saja.
7 Tips Sukses Mengerjakan Tugas Kelompok
7 Tips Sukses Mengerjakan Tugas Kelompok
Meskipun kita tidak suka dengan tugas kelompok ini, kita harus mengerjakannya. Karena itu adalah tugas yang akan mempengaruhi nilai kita juga. Jadi, kita tidak dapat menghindar dari yang namanya tugas kelompok. Bisa dikatakan kita pasti ada mata pelajaran yang memberikan tugas kelompok. Bagaimana kita menghadapi yang namanya tugas kelompok. Berikut beberapa tips yang dapat kita contoh college candy :

7 Tips Sukses Mengerjakan Tugas Kelompok


  • Bagi Tugas

Ketika kita diberikan tugas kelompok oleh dosen. Maka kita bisa membagi tugas tersebut dengan anggota kelompok kita yang lainnya. Sehingga anggota kelompok bekerja semua. Selain itu juga, kita membahas materi yang tidak terlalu banyak sehingga dapat menguasai dengan baik. Setiap anggota harus menguasai materinya dengan baik dan harus bertanggung atas materinya.
  • Nomor Yang Bisa Dihubungi

Nomor ini sangat penting untuk kelanjutan tugas kelompok. Kita harus memiliki kontak semua anggota kita. dengan begitu kita mudah untuk bisa sharing informasi mengenai materi tugas dan juga sharing – sering mengenai pembagian tugas. Kita juga mudah untuk bisa janji bertemu satu kelompok. Selin itu juga kita bisa minta pin blackberry, alamat email, facebook, sampai twitter.
  • Sharing Dan Check

Disini setiap anggota bisa sharing tentang materi yang dibagikan kepada masing – masing anggota. Disini kita bisa menyalin materi – materi yang ada pada anggota lain. Disini juga kita bisa mengetahui siapa yang belum menguasai materinya dan masih kesulitan. Maka, kita sesama anggota bisa menolongnya bagi yang telah menguasai materinya.
  • Waktu Berkumpul

Waktu berkumpul ini sangat penting untuk dilakukan. Karena disini kita akan menyusun bahan masing – masing anggota. Kita akan menyatukan bahan – bahan mentah tersebut menjadi sebuah presentasi yang utuh dan baik. Jadi, ketika ada bahan yang dirasa kurang maka setiap anggota bisa memberikan saran atau masukan.
  • Hajar Si Pemalas

Maksud dari dihajar disini adalah bukan dengan kekerasan. Namun, dengan hati yang lembut dan kata – kata yang baik. Dengan kita selalu mengingatkan akan tugas dia dan tanggung jawabnya. Jika dia tidak memiliki respon untuk berubah. Maka, rundingkanlah dengn kawan – kawan yang lainnya. Jika, kawan yang juga merasa terganggu atas perilakunya. Jangan segan – segan lagi untuk mengeluarkannya dari kelompok tersebut.
  • Jangan Saling Benci

Didalam terkadang ada yang sangat bertolak belakang sifatnya. Ini sangat menguji kesabaran kita. karena setiap orang memiliki sifat yang berbeda – beda maka kemungkinan untuk berbeda pendapat itu sangatlah besar. Disini kita akan menguji kesabaran kita. untuk bisa meredam semua amarah kita. kita harus berpendapat bahwa perbedaan itulah yang akan melengkapi dan karena adanya perbedaan itulah menjadi indah.
  • Presentasi Yang Sukses

Kebanyakan biasanya tugas yang diberikan oleh dosen itu berupa tugas presentasi. Maka dari itu semua anggota harus berbicara dan tidak ada yang bengong saja. Sebelum kita tampil untuk presentasi alangkah sebaiknya kita adakan persiapan. Seperti masing – masing anggota mempresentasikan bahannya di deepan teman – teman kelompoknya. Kita juga bisa memberi saran kepada anggota yang grogi tentang tips agar percaya diri saat presentasi.

Itulah beberapa tips agar sukses mengerjakan tugas kelompok. Mudah – mudahan ini bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi saya ingatkan bahwa tugas kelompok itu sangatlah baik untuk menjalin hubungan social terutama antar anggota kelas. Dengan adanya tugas kelompok kita bisa mengenal teman – teman kita lebih dekat lagi.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Tips Sukses Mengerjakan Tugas Kelompok

0 komentar: