Tuesday, October 14, 2014

8 Tips Menjadi Mahasiswa Sukses

Loading...
8 Tips Menjadi Mahasiswa Sukses - Sukses merupakan tujuan semua orang yang ada di dunia ini. Banyak orang yang menginginkan sukses dan menyesal. Namun, banyak juga orang yang sukses dengan berbagai pengalaman hidup yang saya fikir itu bukan pengalaman yang menyenangkan. Sukses didapatkan dengan kerja keras dan semangat yang luar biasa. Begitu juga dengan mahasiswa, cara menjadi mahasiswa sukses harus dilaksanakan dengan kerja keras dan sungguh – sungguh.
8 Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
8 Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Banyak pengalaman mahasiswa yang berbeda – beda tentang cara menjadi mahasiswa sukses. Kita harus mencari jati diri kita dimana letak kemampuan kita. namun, sebagai mahasiswa yang ingin menuju  kesuksesan memiliki cara – cara dasar untuk mencapai kesuksesan tersebut. Dengan beberapa tips dibawah ini, mudah – mudahan menambah semangat kita untuk menuju kepada kesuksesan. Beberapa tips cara menjadi mahasiswa sukses :

8 Tips Cara Menjadi Mahasiswa Sukses

  • Catat Dan Baca

Mari kita manfaatkan peralatan tulis kita untuk selalu mencatat mata kuliah yang dijelaskan oleh dosen. Kita juga bisa membuat catatan – catatan yang kita ambil dari buku – buku untuk kita baca dimanapun kita berada. Setelah kita menulisnya, pasti harus kita baca dong. Ini salah satu yang menunjang nilai kita baik dan awal kita menjadi sukses.
  • Rajin Kuliah Dan Aktif Dikelas

Jangan sampai kita tidak masuk kuliah sekalipun. Kecuali, memang ada hal yang penting sehingga membuat kita tidak dapat masuk luliah. Maka, solusinya adalah kita harus selalu masik kuliah dan aktif dikelas. Bagaimana cara aktif diikelas ? dengan kita selalu bertanya dan sering berbicara di dalam kelas. Inilah yang membuat kita percaya diri dan jangan pernah takut salah. Kita harus mencobanya, walaupun salah tidak masalah karena kita masih dalam tahap pembelajaran.
  • Tujuan Jangka Pendek & panjang

Tujuan yang kita buat bukan hanya sekedar tujuan yang berada diatas kertas saja. Namun harus dicapai dengan usaha yang semaksimal mungkin. Kita bisa menulis tujuan kita sebesar – besarnya dan diletakkan ditempat kita bisa selalu melihatnya kapan saja. Dengan begitu kita bisa selalu mengingatnya dan bisa sadar untuk selalu mencapainya. Contoh sederhana mengenai tujuan jangka pendek adalah kita ingin mendapat nilai IP diatas tiga.
Jadi kita tulis besar – besar  di kertas “saya harus mendapat IP diatas 3”. Dengan begitu kita akan terus berusaha bagaimana cara mendapat IP diatas tiga. Kalau perlu kita tulis juga langkah – langkah mendapatkan IP diatas tiga. Mulai dari langkah awal sampai tahap akhir.
  • Pergunakan Dosen

Ketika kesulitan dalam suatu mata kuliah maka kita bisa pergunakan waktu kita untuk mendatangi dosen dan bertanya mengenai masalah yang sedang dihadapi. Jadi, kita pergunakan dosen untuk belajar dan kalau bisa kita ambil semua ilmu yang ada pada dosen tersebut. Intinya, ketika kita ada waktu luang kita datang kepada dosen untuk menyelesaikan masalah kita. Inilah cara yang efektif untuk kita dekat dengan dosen dan lebih dikenal oleh dosen.
  • Membuat Kelompok Belajar

Ajaklah teman – teman anda untuk membuat kelomok belajar. Ketika kita kesulitan dalam suatu mata kuliah maka kelompok belajar ini akan sangat membantu. Dengan kelompok belajar kita bisa mengerjakan tugas dengan nyaman. Caranya, kita bisa membagi – bagi tugasnya dengan temen – temen kelompok setelah selesai baru kita satukan dan dijelaskan satu persatu. Selain itu juga, kita bisa lebih dekat dengan teman – teman yang lain.
  • Ikut Serta Dalam Ekstrakulikuler

Kegiatan ekstrakulikuler juga mendukung kita untuk sukses, terutama dalam ilmu social. Kita bisa berorganisasi dengan baik di lingkungan kita kelak. Dengan kita mengikuti ekstrakulikuler, kita bisa menambah teman, wawasan dan ilmu lainnya. Selain itu juga, kegiatan ekstrakulikuler dapat mengurangi beban fikiran kita. seperti kita mengikuti ekstra volley. Ini akan mengurangi beban fikiran agar lebih fresh. Dan badan kita juga akan lebih sehat dengan kita berolahraga voly. Jadi, kita juga harus berorganisasi dan mengikuti ekstrakulikuler yang ada.
  • Motivasi

Setiap orang yang sukses pasti memiliki motivasi dalam dirinya. Motivasi yang sangat besar adalah motivasi dalam diri kita masing – masing. Jadi, kita harus menanamkan dalam diri kita bahwa kita pasti akan sukses. Setelah itu kita implementasikan dengan selalu berusaha dan bekerja keras. Kita juga bisa menimbulkan mmotivasi melalui kata – kata yang selalu kita ingat atau dengan sebuah tujuan yang harus kita capai. Atau kita bisa menimbulkan motivasi dengan memajang foto orang tua kita agar kita selalu ingat dengan mereka . karena mereka yang selalu menyayangi kita sampai kapanpun.
  • Pray To God

Yang paling terpenting adalah kita jangan sampai lupa dengan siapa yang menciptakan kita. karena kehendak DIA-lah yang pasti akan terjadi. Ketika yang maha kuasa berkehendak tidak maka tidak akan terjadi. Akan tetapi, ketika yang maha kuasa mengatakan iya maka semua yang mustahilpun pasti akan terjadi. Maka dari itu, kita harus selalu bersyukur dan berdo’a kepada yang maha kuasa supaya kita menjadi orang yang sukses yaitu sukses dunia dan akhirat.

Masih banyak lagi pengalaman – pengalaman mahasiswa untuk menjadi sukses. Maka, jadikanlah ini sebagai referensi untuk kita menjadi sukses. Inilah tentang 8 Tips Cara Menjadi Mahasiswa Sukses. Dan mudah – mudahan ini menjadi manfaat bagi kita semua khususnya pada diri saya sendiri. Sekian dan terima kasih.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Tips Menjadi Mahasiswa Sukses

0 komentar: