Saturday, October 11, 2014

5 Tips Agar Presentasi Sukses

Loading...
5 Tips Agar Presentasi Sukses - Setiap mahasiswa pasti memiliki banyak tugas dari dosennya. Apalagi tugas yang namanya presentasi. Mulai dari presentasi bahasa inggris, presentasi bahasa Indonesia, presentasi biologi, sampai kepada presentasi siding skripsi. Dengan begitu kita harus memiliki tips agar presentasi sukses. bahkan dengan presentasi kita membuat orang terpukau dan orang – orang dapat menerima ilmu yang kita berikan kepada mereka. Disini kita bisa mendapatkan beberapa cara membuat presentasi kita lancer dan mudah – mudahan menjadi presentasi yang sukses.
Tips Agar Presentasi Sukses
5 Tips Agar Presentasi Sukses
Berdasarkan dari beberapa pengalaman mengenai presentasi di depan orang banyak. Perasaan kita memang berbeda dari biasanya. Rasanya mau terjun dari jurang saja, karena terlalu groginya. Jadi, kita juga harus memiliki tips agar percaya diri saat presentasi. Baiklah, kita mulai satu persatu tips agar presentasi sukses :

5 Tips Agar Presentasi Sukses

  • Menguasai Materi


Berdasarkan pengalaman mengenai presentasi, yang paling utama kita persiapkan adalah menguasai materi yang akan kita presentasikan. Menguasai materi adalah hal yang sangat penting untuk kelancaran dan kesuksesan presentasi kita. ketika kita tidak menguasai materi kita maka kita akan merasa kesulitan dalam presentasi. Jadi, kita harus memersiapkan matang – matang materi yang akan kita presentasikan. Dan kita juga harus mempersiapkan pertanyaan – pertanyaan yang akan ditanya kepada kita. jadi, ketika ditanya, kita akan mudah dalam menjawabnya.

  • Simulasi presentasi


Langkah selanjutnya yang bisa lakukan adalah dengan melakukan simulasi resentasi kita. kita bisa berdiri di depan cermin dan mulai mempresentasikan materi kita. Ini akan menambah rasa percaya diri kita juga. Dan dengan simulasi ini kita bisa melihat dimana letak kekurangan kita. sehingga kita bisa memperbaiki kesalahan kita. Atau kita bisa meminta temen kita satu orang atau dua orang untuk melihat kita presentasi materi kita. dan meminta mereka untuk menilai cara presentasi kita dan meminta pendapat mereka mengenai kesalahan – kesalahan anda dan kekurangan anda. Sehingga, ini akan membuat presentasi anda menjadi sukses.

  • Jangan Ngomong Dengan Slide


Kita jangan sampai atau hindari untuk berbicara dengan slide yang kita buat. Maksudnya apa ? kok kayak orang gila gitu berbicara dengan slide ! maksudnya adalah kita jangan hanya focus pada slide saja. Akan tetapi kita harus berinteraksi dengan audience. Berdasarkan pengalaman banyak mahasiswa yang ketika presentasi hanya focus kepada slide saja dan bahkan hanya membaca saja. Ini akan membuat audience bosan dan mudah untuk mengantuk.
Jadi, kita harus berinteraksi dengan audience sehingga membuat mereka selalu memperhatikan anda. Audience pun akan mudah untuk menerima materi yang anda berikan kepada mereka. Tampilan slide yang kita buat juga berpengaruh kepada hasil presentasi kita. jadi kita harus memperhatikan slide presentasi kita. kita jangan menulis semua materi yang kita jelaskan. Namun, kita hanya menuliskan pokok – pokok dari materi yang kita jelaskan. Sehingga, kita tidak terfokus kepada slide saja.

  • Gunakan Ruangan Yang Ada


Kalau bisa ketika kita resentasi, kita menggunakan ruangan dengan sebaik mungkin. Kita bisa menjelaskan dengan kita berjalan – jalan sehingga membuat audience memperhatikan kita. kita juga bisa menggunakan fasilitas – fasilitas yang ada dalam ruangan tersebut. Bagaimana caranya? Kita memberikan contoh di papan tulis. Dan kita juga bisa memberikan gerakan – gerakan yang dapat memberikan informasi dan menambahkan agar semakin paham dengan materi yang kita jelaskan.

  • Interaksi dengan audience


Ini yang sudah saya jelaskan sedikit diatas tadi. Ini juga sangat berpengaruh terhadap presentasi kita. Dengan kita berinteraksi dengan audience akan menambah semangat dalam presentasi. Bagaimana cara berinteraksi yang baik ? caranya kita bisa memberikan beberapa pertanyaan yang mendasar megenai materi presentasi kita. dan kita juga bisa bertanya sudah faham atau tidak mengenai slide presentasi kita.

Itulah beberapa tips agar presentasi sukses. Mudah – mudahan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua khususnya pada diri saya sendiri. Ketika ada kesalahan – kesalahan saya sebagai penulis mohon maaf. Karena saya juga manusia yang tidak luput dari kesalahan. Terus berusaha dan yakin kita pasti bisa. SUKSES.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Agar Presentasi Sukses

2 komentar:

Unknown said...

Portal Energi Mampu berpidato dengan penuh wibawa, berkharisma dan MC dengan baik tanpa ada rasa malu,gugup karena Portal Energi meningkatkan rasa kepercayaan diri yang begitu besar

Telepon : ( 021 ) 9763 8753 / 0812 8202 7639


http://pelatihanintienergi.com/portal-energi.php

Unknown said...

Portal Energi Mampu berpidato dengan penuh wibawa, berkharisma dan MC dengan baik tanpa ada rasa malu,gugup karena Portal Energi meningkatkan rasa kepercayaan diri yang begitu besar

Telepon : ( 021 ) 9763 8753 / 0812 8202 7639


http://pelatihanintienergi.com/portal-energi.php